Pariwisata Kota Batu, Malang

Kota Batu dikenal dengan kota sejuta pesona. Salah satu pesona yang melegenda adalah Gunung Panderman yang terletak di sebelah barat kota. Gunung Panderman bahkan menjadi lokasi favorit para pendaki yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa dari Malang Raya dan kota-kota lain di Jawa Timur.

Pada musim liburan, Gunung Panderman jadi salah satu tujuan wisata alam mahasiswa. Begitu terkenalnya, sampai-sampai ada ”guyonan” untuk mahasiswa di Malang, jika belum pernah ke Gunung Panderman belum bisa dikatakan belum jadi mahasiswa di Malang.

Bahkan yang lebih konyol, mahasiswa yang belum pernah ke gunung di Batu ini, akan sulit mencari cewek pujaan hati. ”Namanya juga guyonan dan gojlokan konyol, ya muncul begitu saja muncul di kalangan aktivis mahasiswa. Kan gunung itu bentuknya mirip cewek cantik yang lagi tertidur,” ucap Sholikin, aktivis mahasiswa Universitas Widyagama (Uwiga) asal Pare, Kediri.

Tak pelak, gunung yang selalu tampak indah di pagi hari itu malam hari sering jadi jujugan mahasiswa. Putra dan putri. Apalagi saat bulan purnama.

Meski jadi jujugan dan bahan gojlokan mahasiswa, namun belum banyak yang tahu sejarah dan latar belakang nama gunung itu. Masyarakat hanya mengenalnya sebagai Gunung Panderman.

Suwito, salah satu warga Dusun Toyomerto yang bermukim di kaki Gunung Panderman, membeberkan, konon gunung itu pertama kali didaki salah satu pembesar Kerajaan Belanda bernama Van der Man.

Setelah turun dari gunung, kepada warga pejabat ini mengaku sangat terpesona menyaksikan keeolokan gunung yang ditumbuhi banyak pohon itu. Karena ia menitipkan gunung itu pada warga sekitar.

Maka, untuk mengenang keindahan gunung yang gandeng dengan Gunung Kawi tersebut, Van der Man mengabadikan namanya. “Oleh warga sekitar kemudian disebut Panderman,” tuturnya.

Berdasarkan cerita, Gunung Panderman itu adalah bagian dari kaki Gunung Putri Tidur. Yakni, gunung yang merupakan gabungan antara Gunung Kawi dengan Gunung Panderman.

Ya, jika dilihat dari Kota Malang yang berada di timur Gunung Kawi dan Gunung Panderman, gambaran Gunung Kawi dan Gunung Panderman mirip dengan sosok seorang putri yang sedang tidur mlumah (telentang).

Kepala putri berada di sisi selatan Gunung Kawi di daerah Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sedangkan di tengahnya ada dada yang menonjol seperti payudara. Sementara kakinya adalah Gunung Panderman itu.

Dan sebutan Gunung Putri Tidur tidak berlebihan. Karena orang-orang Belanda dulu juga menyebut gunung ini The Sleeping Lady.

Jika cuaca sedang cerah, warga Kota Malang bisa melihat ke arah gunung itu dan mengamati bentuknya. Maka siapa saja akan sepakat jika kemudian menyebutnya sebagai Gunung Putri Tidur. Setiap malam Sabtu dan Malam Minggu serta hari libur, banyak pendaki yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah mendaki Gunung Panderman.

Pemandangan Kota Batu dan Kota Malang bisa dilihat dari puncak gunung Panderman secara lengkap. Kerlap-kerlip seperti kunang-kunang yang bertebaran. Indah tak terperikan.

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Blog, Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>